Tuesday, 21 July 2015

#Injeksi #ECU #FI
Cara Kerja Sistem Injeksi | Sistem injeksi (Electronic Fuel Injection) sudah menjadi fitur wajib pada setiap motor keluaran terbaru. Para rider pun sebaiknya juga harus mengetahui sistem injeksi ini. Pengetahuan hal umum pada sistem injeksi akan membatu dikala mengatasi kerusakan motor.
simulasi kerja sistem injeksi
Pada setiap jenis, model dan merek motor, memiliki desain sistem injeksi yang berbeda-beda. Akan tetapi, pada dasarnya menggunakan cara kerja dan komponen yang sama. Yang membedakan adalah fitur tambahan yang ada dalam injeksi, sensor dan setting injeksi itu sendiri.
Cara kerja sistem injeksi, bisa di pahami dari fungsi komponen sistem injeksi motor itu sendiri. Sistem injeksi cukup mudah untuk dipahami.
ECU – Electrical Control Unit 
Ini bagian pusat pengontrol dari sistem injeksi. Ini adalah otak dari keseluruhan motor. ECU berfungsi untuk mengolah data dari sensor. Data ini digunakan sebagai bahan acuan untuk mengontrol waktu penyemprotan bahan bakar, jumlah bahan bakar yang dikeluarkan, dan saat pengapian. Bila mengalami ECU error, alat ini bisa di reset.
Fuel Pump 
Bagian ini berguna sebagai pompa bahan bakar yang menghasilkan tekanan bahan bakar untuk di injeksikan ke dalam ruang bakar. Terdapat filter bahan bakar di komponen ini. Keluaran bahan bakar dari fuel pump harus dipastikan bersih.
Pressure Regulator 
Komponen ini berfungsi untuk mengatur kondisi tekanan bahan bakar selalu tetap (55~60psi).
Temperature Sensor
Sensor berfungsi untuk memberikan data masukan ke ECU tentang kondisi suhu mesin yang nantinya berguna untuk menentukan volume bahan bakar yang di injeksikan.
Inlet Air Pressure Sensor 
Sensor ini berguna untuk memberikan data masukan ke ECU tentang jumlah kondisi tekanan udara yang akan masuk ke ruang bakar mesin yang nantinya akan digunakan untuk menentukan volume bahan bakar yang di injeksikan.
Inlet Air Temperature Sensor 
Sensor ini berfungsi untuk memberikan data masukan ke ECU tentang kondisi suhu udara yang masuk ke ruang bakar mesin yang nantinya akan digunakan untuk menentukan volume bahan bakar yang di injeksikan.
Atmospheric Pressure Sensor 
Sensor ini berfungsi untuk memberikan data masukan ke ECU tentang kondisi tekanan udara lingkungan sekitar yang nantinya akan digunakan untuk menentukan volume bahan bakar yang di injeksikan.
Crankshaft Sensor 
Sensor yang berguna untuk memberikan data masukan ke ECU tentang posisi dan kecepatan putaran mesin.
Throttle Sensor 
Sensor yang berguna untuk memberikan data masukan ke ECU tentang posisi dan besarnya bukaan aliran udara.
Camshaft Sensor
Sensor yang berfungsi untuk memberikan data masukan ke ECU tentang posisi langkah mesin, untuk menentukan langkah hisap dimana terjadi bukaan injector.
Fuel Injector / Injector 
Komponen ini bertugas untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam mruang bakar mesin. Cara kerja komponen ini dikendalikan oleh ECU untuk timing buka tutupnya.
Speed Sensor
Sensor yang berguna untuk memberi masukan ke ECU kondisi kecepatan kendaraan. Selain itu juga berfungsi untuk memainkan gas saat berhenti dan saat dalam kecepatan tinggi dan perbedaan buka-tutup katup injector.
Vehicle-down Sensor 
Sensor ini berfungsi untuk memberi masukan ke ECU tentang kondisi kemiringan sepedamotor. Jika posisi motor terjatuh dengan keadaan mesin hidup, maka ECU akan mematikan kerja mesin. Motor injeksi akan mati bila dalam posisi kemiringan kurang dari 30 derajat.
perkembangan teknologi yang pesat harus di iringi dengan penggunaan yang tepat pula. khususnya pada perkembangan dunia otomotive seperti yang tren dan populer saat ini. contoh perusahaan bidang automotive motor yang terkenal contohnya seperti : YAMAHA, HONDA,SUZUKI, DAN KAWASAKI.teknologi injeksi seperti pada rincian artikel diatas membuktikan bahwa manusia mulai berlomba-lomba mengembangkan inovasi terbarunya untuk kelangsungan ke masa yang akan datang,yaitu masa modern seperti sekarang ini.
YA,itulah sekian dari pemahaman saya. semoga artikel di atas bermanfaat bagi pemirsa semua dan bisa menambah wawasan anda tentang teknologi mesin sekarang ini.
TTERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA !!!!!
http://apritos.com/2976/kenali-cara-kerja-sistem-injeksi-pada-motor/

0 komentar: